Friday, September 23, 2011

ANAK STM SEPATAS

Kemarin sore gue sama temen gue jalan ke fakultas seni rupa IKJ, di tengah perjalanan gue liat di halte  dan trotoar banyak anak sekolah yang mayoritas kaum adam itu nongkrong dan berkongkow ria disana. Setelah gue ngeliat mereka, gue jadi bengong dan kebayang masa lalu, dimana waktu itu gue harus berurusan sama ANAK STM SEPATAS.

Jadi begini ceritanya ….
Waktu itu gue masih SMA kelas 2, namanya SMA nafsu memburu masih bergebu-gebu dan selalu mau nyoba hal-hal yang baru. Emang dari rumah gue udah mempersiapkan semuanya, dan saat disekolah gue udah ngerencanain sama temen gue buat main PS di rumahnya. Karena hari itu sekolah pulang cepet, tanpa basa basi setelah denger bel kami langsung menuju kekantin karena masih istirahat. Kebiasaan gue sebelum jajan di kantin adalah gue terlebih dulu ngeliatin jajanan kantin satu persatu.

Tadinya gue kepikiran mau makan sate buntil, tapi di kantin gak ada yang jual, terus gue kepikiran tongseng, gak ada yangg jual juga. Guepun bingung mau makan apa? Akhirnya setelah gue mikir mateng-mateng sampe kantin ngebul sama asep dari otak gue, gue mutusin gak jajan, karena nanti kan gue mau kerumah temen gue jadi minta makan disana aja, hahahahaha. Bel masuk kelas pun akhirnya bunyi, dalem hati “wah satu jam pelajaran lagi nih”, terus gue bilang sama temen gue yang rumahnya mau gue samperin itu, “eh, kalo bel pulang kita langsung cabut kerumah lo ya, gak pake acara nongkrong!” dan temen gue bilang “oke, lagian gue juga lagi males nogkrong”.

Setelah 45menit gue di kelas, akhirnya bel pulang pun bunyi, dan bener aja kami langsung lari ke parkiran nganterin temen gue ngambil burung onta dan terus langsung cabut pulang. Gue sama temen gue langsung pergi ke rumahnya yang ada di daerah Blok M, tepatnya di daerah radio dalam. Di tengah perjalanan gue bilang sama temen gue “eh, nanti gue gak sampe sore ya, gue mau nganterin bokap gue beli daster soalnya”.

Setelah denger gue ngomong gitu, temen gue cuma bilang oke dan ngehentakin tali burung ontanya dengan keras. Kira-kira 10menit kami pun udah sampe ditempat tujuan, langsung kami buka sepatu, dan meluncur kekamarnya. Masang AC, nyalahin TV, nyalahin PS dan langsung masukin kaset winning kegemaran kami. Pokonya cari aja kaset winning yg openingnya lagu The Bagindas-C.I.N.T.A.

Saking asiknya main winning, gak terasa udah sore. Gue langsung bilang sama temen gue, “eh, udah sore nh… gue mau pulang ah” dan temen gue bilang, “yaudah gue anterin yuk, tapi sampe terminal Blok M aja ya?” terus gue jawab, “yaudah yuk, gak papa”. Akhirnya keluar dari rumah, temen gue ngambil burung ontanya lagi dan gue nungguin di depan pager rumahnya. Sambil nikmatin sore gue ngeliat cewek-cewek yang baru pulang sekolah. Dan karena gue iseng, gue pun ngegodain setiap cewek yang gue liat “kayaknya aku pernah ngeliat kamu deh, tapi dimana yaaaaaaaa? oh iya aku inget, kamu kan bintang disetiap malam ku” hahahahahahaha.

Gak terasa udah deket terminal Blok M, temen gue nanya, “lo mau turun di terminal apa di sebrangnya?” terus gue bilang “di sebrang aja deh”. Gak lama kemudian kami sampe dan temen gue langsung pulang lagi kerumahnya. Sekarang tinggal gue sendirian disebrang terminal Blok M nungguin patas kearah rumah gue. “Aduh lama banget sih nih patas” dalam hati gue. Dan gak lama setelah gue ngomong kaya gitu, gue ngeliat di terminal Blok M ada segerombolan anak STM pake seragam warna abu-abu monyet gitu. Setelah gue ngeliat fenomena alam itu, gue pun langsung keringet dingin, detak jantung semau jidatnya aja, dan Susana ngebisikin gue, “Bang Bokiiiiiiiiiiiiiiiiiiiirrrrrrr!”.

Gue panik bukan main, apa lagi setelah gue ngeliat salah satu dari mereka ada yang nunjuk kearah gue dan dia ngomong sama temen-temennya yang lain. Mereka pun langsung jalan kearah gue, tapi anehnya mereka gak langsung nyebrang, mereka naik tangga penyebrangan dulu buat nyamperin kearah gue. Keringet udah penuh di selangkangan gue, gue cuma bisa berdo’a supaya patasnya cepet dateng. Gerombolan abu-abu monyet itu semakin deket sama gue, tapi untungnya dari sebrang gue udah ngeliat patas yg mau gue naikin udah ada.

Wah selamet gue bilang, karena si abu-abu monyet itu kalah cepet sama patas yang mau gue naikin itu. Pata udah didepan mata, gue pun buru-buru masuk kedalem patas dan duduk di bangku yang kosong. “Huh lega deh gue, ancaman gak ngejar”, dalem hati gue sambil ngelap keringet di selangkangan gue. Detak jantung normal dan Susana udah gak ngomong apa-apa, gue mulai nikmatin angin dari jendela patas yang gue buka lebar. Adeeeeeeeemmmmmmm rasanya bebas dari abu-abu monyet, perasaan gue langsung seneng gak menentu dan terus-terusan kebayang hal yang baru aja gue alamin, gue sempet mikir “apa gue jatuh cinta ya?”.

Tapi di saat gue kegirangan, gue ngeliat segerombolan anak STM lagi, tapi yang ini seragamnya biru laut. Dan sialnya patas yang gue naikin ini berenti tepat didepan gerombolan itu. Mati gue, emang sih gue bebas dari ancaman abu-abu monyet, tapi sekarang patas yang gue naikin langsung penuh sama pasukan biru laut dari Blok M ini. Kali ini gue bener-bener gak tau harus ngapain? Di tambah lagi, ada salah seorang dari mereka yang duduk disamping gue. “Wah celaka nih gue, bisa jadi cemilan sorenya mereka nih gue sekrang”, gerutuan gue dalem hati kecil ini.

Kenek patas pun mulai diri dan mulai nagihin ongkos sewa ke penumpang patas. Gue siap-siap ngeluarin ongkos patas dari kantong gue. Tapi baru aja gue ngeluarin seribuan gue, anak STM yang disamping gue ini langsung ngelirik kearah duit gue terus ngeliatin gue dengan sinis. Tiba- tiba dia nyolek gue, pas gue nenggok dia langsung nunjuk duit gue dan mainin telunjuknya yang bermaksud mau minta duit gue ini. Pertama gue pura-pura gak tau dan nolak permintaannya dia. Kenek patas makin lama makin deket sama bangku gue, dan anak STM itu ngulangin lagi apa yang tadi dia lakuin.

Karena gue masih mau selamat sentosa sampe dirumah, akhirnya gue ngikhlasin seribuan lecek itu buat dia. Gue pikir, gak papa deh seribu doang dari pada gue di apa-apain nanti sama dia. Kenek pun sampe di bangku yang gue dan anak STM itu dudukin, dan pas si kenek nagihin ongkos tiba-tiba si biru laut ini ngeluarin selembar duaribuan dan bilang sama keneknya, “Bang berdua nih Bang”. Gue langsung diem, ngeliatin kaca jendela, dan kemudian …..

Hahahahahaha… gue ngakak tiada terkira. Tadinya gue pikir si biru laut ini minta seribuan gue karena emang pengen malak gue, ternyata dia minta seribuan lecek gue itu cuma karena duitnya duaribuan dan takut gak dikembaliin sama keneknya. Tips gue sih kalo lo mau naik patas tapi lo gak punya uang kecil, lo tukerin dulu duit lo sama recehan wartel biar lo bisa bayar ongkos patas dengan uang pas, okeh!


Bye.

No comments:

Post a Comment